Tahu Bacem



Tofu's week..:D karena punya banyak stok tahu dikulkas, oleh-oleh suami yang pulang dari luar kota.
Kali ini saya pengen membuat penganan sekaligus lauk khas kota Yogyakarta, tempat yang sudah menorehkan begitu banyak kenangan dalam hidupku, mulai dari kuliah, kerja dan sebagainya. Selera masakankupun sedikit banyak dipengaruhi oleh citarasa kota Gudeg ini, yaitu cenderung manis. 
Mayoritas kuliner dari yogya memang dominan manis, gudeg, bacem, dll.

Warnanya yang khas, coklat juga terlihat dari pemakaian gula merah, sehingga manisnyapun terasa gak eneg. Biasanya bacem tidak hanya menggunakan tahu, bisa juga tempe, jeroan (hati, limpa, paru, babat), ayam, daging sapi/kerbau. 

Bumbu yang digunakan cukup komplit, apalagi jika air yg digunakan menggunakan air kelapa. Untuk resep ini saya menggunakan pengganti untuk air kelapa (bisa diliat disini), karena tidak menemukan ada yang jual air kelapa. Untuk memberi rasa gurih, saya tambahkan kemiri yang ikut dihaluskan bersama bawang putih. Takaran yang saya pakai hanya perkiraan saja, karena saya masukin aja, gak pake takaran...:D

Tahu dan semua bumbu halus, direbus menggunakan api sedang sampai airnya tinggal sedikit. Lalu saya dinginkan. Masukkan ke kulkas untuk saya goreng keesokan harinya. Sengaja saya diamkan di kulkas semalaman dulu, agar bumbunya bisa lebih meresap kedalam tahu dan warna tahu dibagian dalam juga sedikit kecoklatan.

Bahan
1 potong tahu besar @500 gr (potong-potong kotak dg uk. sesuai selera saja :))
2 batang serai (geprek)
3 cm lengkuas (geprek)
2 cm jahe (geprek)
1 sdt merica bulat (tumbuk kasar)
1 sdt asam jawa
1 sdt garam
lk. 200 gr gula merah sisir (atau sesuaikan selera)
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 siung bawang putih (haluskan)
3 butir kemiri (haluskan)
400 ml air kelapa (saya pakai pengganti air kelapa : untuk 250 air matang + 1 sdt cuka, 4 sdt gula pasir + 1/2 sdt garam)


Cara Memasak :
1. Didihkan air kelapa bersama semua bumbu.


2. Ketika sudah mendidih dan gula merah larut, masukkan tahu.
3. Tutup dan masak menggunakan api sedang (level 3)
4. Ketika air rebusan tinggal sedikit (kira-kira 1/3), angkat dan dinginkan.
5. Masukkan kewadah kedap udara atau mangkok gelas dan tutup dg plastik film. 
    Simpan dikulkas semalaman.
6. Keesokan harinya bisa digoreng rendam menggunakan api sedang.


7. Sajikan hangat dengan pelengkap cabe rawit atau ketan tumbuk gurih (jadah).



Comments

Popular Posts