Empal Gentong Cirebon


Sebetulnya ini sajian lebaran beberapa hari lalu, rencananya mau dimakan pakai lontong. Tapi apa daya saya tidak sempat bikin lontong, karena harus menyiapkan masakan lainnya buat undangan lunch dirumah saat Ied. Ya sudah akhirnya saya putuskan masak nasi saja untuk temannya.

Empal gentong ini spesial saya masak untuk diri saya sendiri dan putri saya yang suka banget dengan jenis sop-sopan atau soto ala orang Indo, porsi sedikit, karena buat suami dan tamu lainnya sudah saya masakan menu kesukaan mereka, kari kambing, ayam, dan teman-temannya.

Saya sudah beberapa kali mencoba masak empal gentong ini, dan dari sekian resep saya rasa paling cocok dengan resep dari Sajian Sedap. Hanya saja disini sulit mendapatkan jeroan sapi disini, jadinya saya pakai daging saja. Saya rebus untuk mendapatkan kaldunya sekaligus nanti untuk kuahnya. Santan yang saya pake hanya sedikit saja, hanya biar kuahnya keliatan gak bening banget.

Bahan
250 gram daging sapi.
1,5 liter ml air
2 lembar daun salam
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
3 1/2 sendok teh garam
1 1/4 sendok teh gula pasir
250 ml santan dari 1 butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
1 buah bawang merah besar uk. sedang atau 10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri, disangrai
2 cm kunyit, disangrai
3/4 sendok teh merica

Bahan Taburan:
2 tangkai bawang daun, dipotong-potong tipis
2 sendok makan bawang goreng
6 buah cabai kering, ditumbuk kasar dan beri sedikit air hangat, aduk rata.

Pelengkap 
Lontong/Nasi/Soun
Perkedel kentang
Tauge
Emping/Kerupuk

Cara Pengolahan :
  1. Rebus air dan daging sapi, jika sudah mendidih turunkan panas pada level paling rendah, tutup panci. Masak sampai daging empuk. 
  2. Jika sudah empuk, ambil dagingnya, potong-potong kecil.
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan serai sampai harum. Tambahkan daging sapi. Aduk rata.
  4. Masukkan ke air rebusan daging. Tambahkan garam, dan gula pasir. Masak sampai mendidih. Tuang santan. Masak sampai matang.
  5. Sajikan panas dengan pelengkap dan bahan taburan.


Comments

Popular Posts