Pempek Panggang

 

Varian lain pempek Palembang. Kalo biasanya pempek setelah dibentuk lalu direbus, maka pempek yang ini justru langsung dipanggang, biasanya hanya sampai matang saja, tidak perlu sampai garing :D.

Teman makan pempek inipun berbeda, kalo pempek umumnya dimakan menggunakan saus cuko, maka pempek panggang dimakan dengan bahan isian : ebi halus, cabe tumbuk dan kecap manis. Bisa juga dimakan dengan saus cuko bila suka. Tapi khasnya menggunakan ebi, cabe dan kecap.

Hari ini, saya untuk pertama kalinya membuat pempek panggang. Alasan sebenarnya karena saya kehabisan stok gula merah yang bagus. Sebetulnya sudah titip suami yang minggu kemarin berangkat ke Berlin, Jerman. Seperti biasa saya titip list belanjaan di toko Indonesia disana. Sayangnya, gula aren pesanan saya terlewatkan. Disini ada Thai shop atau Asian shop yang jual gula merah, tapi gula merah tebu, selain warnanya gak sehitam gula aren, juga rasanya beda jauh dengan gula aren, kurang makyus jika dibuat saus cuka atau untuk keperluan lainnya. 

Tapi selalu ada hikmah dibalik sebuah keterbatasan, jadinya untuk pertama kalinya saya bikin pempek panggang. Untuk bahan dan cara membuat adonan sama persis seperti membuat pempek, bisa dilihat diresep pempek lengkap dengan tutorial yang sudah saya posting lama : Adonan pempek
Hanya saja dibuat bentuk bulat pipih, lalu dipanggang menggunakan suhu 150 C, lk. 30 menit atau sampai pempek matang.

Pelengkap :
Ebi (haluskan)
Cabe rawit (haluskan + 1 sdm air)
Kecap manis





Cara Membuat 
1. Setelah adonan siap, bentuk bulat pipih, lalu panggang sampai matang


2. Selagi hangat, belah pempek dibagian tengah, belah hanya sampai separuh saja, jangan sampai putus.


3. Isi dengan 1 sdt ebi halus, 1/2 sdt cabe dan 1 sdt kecap manis.




4. Sajikan segera.





Comments

Popular Posts