Homemade Selai Nanas (Homemade Pineapple jam)



Persiapan lebaran sudah dimulai sebelum puasa nih...nanti dekat lebaran tinggal bikin nastar atau cookies khas Indonesia lainnya. Ini sudah tradisi bahwa setiap lebaran mesti ada nastar. Apalagi jauh dari tanah air, selain untuk pengobat rindu tanah air, juga biar suasana lebaran tidak begitu sepi. 

Lebaran biasanya saya open house dirumah, siapa saja boleh datang dan mencicipi kue-kue dan makanan khas Indonesia dan Pakistan di rumah, meski ala kadarnya tapi alhamdulillah senang dan bahagia bisa berkumpul dengan teman-teman. Kalo ngumpul dengan keluarga sulit karena mereka semua jauh.

Selai nanas menurutku memang paling makyus bikin sendiri, karena bsa diatur kadar gula dan kekentalan selai. Saya suka selai nanas yang tidak terlalu manis dan sangat kental, kadar airnya sudah sangat sedikit sekali. Selain itu juga kalau bikin nastar, dengan selai yang kering begini, akan menghindari nastar lembab jika hendak disimpan lama. Selai yang masih banyak kandungan airnya akan membuat nastar menjadi cepat lembab dan tidak garing. 

Summer begini, stok buah-buahan tropis biasanya banyak di toko grocery. Nanas salah satunya...saya beli 3 buah nanas ukuran besar. Saya pilih yang masih agak hijau. 

Selai yang saya buat ini warnanya merah kecoklatan, karena saya beri beberapa tetes pewarna merah gelap/darah. Ini optional saja, kalo tidak pake pewarna juga gak apa-apa, nanti selainya akan berwarna kuning, tetap cantik kok....:)

Mari kita lihat bagaimana cara saya membuat selai nanas.

Bahan
3 buah nanas ukuran besar (kupas, buang mata dan bagian tengah yang keras, iris2 kecil)
5 buah cengkeh
1 batang kayu manis lk. 4 cm
Gula (sesuai selera)
1 sdm air perasan jeruk lemon.
Beberapa tetes pewarna merah gelap (optional)


Cara Membuat
1. Blender nanas


2. Masukkan blenderan nanas dan cengkeh, kayu manis, lalu masak menggunakan panci tinggi 
   (saya lebih suka pake panci aluminium tinggi biar saat meletup-letup, letupanya tidak terlalu 
   menganggu saat pengadukan).
3. Masak sampai airnya habis dan nanas mengental.
4. Masukkan gula dan perasan air jeruk lemon dengan takaran sesuai selera saja (saya cicipi).
5. Kecilkan api ke level rendah/sedang dan teruskan masak sembari terus diaduk-aduk
   (karena pada level ini biasanya selai akan gampang hangus jika tidak terus diaduk).
6. Tambahkan pewarna merah, aduk rata. Teruskan memasak.
7. Jika selai sudah cukup kering, angkat dan dinginkan.
8. Jika sudah benar-benar dingin, simpan ditoples atau tupperware, tutup rapat.
9. Siap digunakan baik untuk cookis nastar atau untuk olesan roti saat sarapan atau snack time.

Comments

Popular Posts